Friday 10 July 2009

Doraemon, Capres Capresan dan Capres Beneran

by: Asfa Widiyanto

“Peristiwa” pencontrengan (ketika rakyat dan bangsa Indonesia "dipaksa" sejarah untuk menjalani “ritual” yang bernama pemilu) telah berlalu, namun menyisakan begitu banyak kesan di benak kita. Salah satu yang saya tangkap (ini kenapa saya tulis “tangkap” ya, kayak mau mencuri ayam aja harus ditangkap dulu, saya tidak habis pikir) di sela-sela gegap gempita event ini adalah penyandingan tokoh-tokoh doraemon dan para capres di negeri kita tercinta. Ilustrasi tentang Doraemon dan pilpres bisa dilihat di sini misalnya http://sikathabis.multiply.com/photos/album/450. Saya
kurang tahu, ini "kreatifitas" bermula dan berujung dari makhluk mana.

Tentang penyandingan ini ada yang melihatnya sebagai pelecehan. Ada yang melihat sebagai "buah" kreatifitas (ini mesti yang ngomong penjual buah, orang nyidam buah dan sebangsanya) dan upaya "demistifikasi" figur capres (yang ngomong poin terakhir ini mesti orang yang sok keminter). Bagi kelompok terakhir, makhluk bernama capres bukanlah sesuatu yang tabu untuk dikarikaturkan, atawa disandingkan dengan tokoh-tokoh kartun.

Fenomena penyandingan capres dengan tokoh kartun itu mungkin sebagai efek dari sudah terbukanya "kran" demokrasi, terutama sejak era reformasi.
(Oya, kenapa ini harus pakai istilah “kran” ya, pakar politik analognya dan logikanya kadang "anakronis". Kalau arkeolog dan sejarawan mungkin tertarik untuk melihat apakah kran itu dah “berkeliaran” di masa yunani kuno saat para filsuf “menelurkan” (ini filsuf kayak ayam aja pakai aksi menelurkan segala) dan “menggembar-gemborkan” (ini lagi filsuf gembar gembor kayak kernet, calo dan tukang palak dan sebangsanya) konsep demokrasi. Kalimat dalam kurung(an) ini tidak logis, jadi jangan diperhatikan).

Oya, mungkin juga karena makhluk kreatif yang menyandingkan capres dengan tokoh-tokoh di dunia doraemon ini terlalu yakin seyakin-yakinnya, sebebas-bebasnya, dan sebablas-bablasnya (dan berpikir kelewat positif) bahwa tidak akan ada orang-orang yang akan membela capres (dan parpol) dengan sangat semangat seperti halnya mereka membela Nabi dan agama.

No comments:

Post a Comment